Pelatihan Budidaya Lele dan Kambing Melalui Aplikasi Organik Pola HCS di Purwakarta


IMG-20141012-02037Syukur alhamdulillah, akhirnya pada tanggal 12 Oktober 2014, telah diselenggarakan Pelatihan Budidaya Lele dan Kambing Melalui Aplikasi Organik Pola HCS di Cipinang – Purwakarta.

Pelatihan diadakan karena ternyata animo masyarakat di Cipinang relatif tinggi untuk penerapan budidaya lele maupun kambing menggunakan pola HCS. Dan pada kenyataannya, peserta ternyata ada yang berasal dari luar Purwakarta, misalnya dari Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, dan Banten. Padahal sebenarnya pelatihan tersebut tidak di’promosikan’ ke daerah luar Purwakarta.

Di daerah Cipinang – Purwakarta tersebut ternyata luar biasa, hampir di setiap rumah, pekarangannya dimanfaatkan untuk budidaya lele, contoh kolamnya dapat dilihat tuh di foto atas.  Namun belakangan karena harga pakan yang terus merangkak naik, menyebabkan mereka mulai secara kreatif mencari cara lain untuk memperoleh pakan ‘murah’.  Akhirnya pola HCS dipilih untuk memberikan solusi masalah tersebut.

Selama pelatihan, diberikan cara membuat fermentasi pakan buatan untuk lele juga untuk kambing.  Dijelaskan pula dalam pelatihan tersebut, ternyata antara kedua jenis budidaya tersebut (lele dan kambing) terdapat kaitan yang sangat erat berhubungan (bersimbiosis). Pelatihan disajikan secara ‘presentasi’ di ruangan dan juga praktek di lapangan.

Foto-foto berikut di bawah menunjukkan beberapa momen saat pelatihan berlangsung :

Beberapa Peserta ‘mejeng’ dulu sebelum pulang ke tempat masing-masing (gbr bawah) :

Peserta Pelatihan Dasar HCS di Cipinang, Cibatu, Purwakarta

Beberapa foto suasana Praktek di dekat kolam lele :

IMG-20141012-02044

IMG-20141012-02041IMG-20141012-02040IMG-20141012-02035

CATATAN :

Pelatihan Mengenai Pertanian dan Peternakan Organik Pola HCS, akan diadakan juga pada tanggal 19 Oktober 2014 di Desa Cisambeng – Palasah Majalengka.  Bagi yang berminat silahkan hubungi contact person : Kang Bayu di no 085318713465, 082127897564.  Buruan mumpung masih ada waktu !!

 

 

 

6 thoughts on “Pelatihan Budidaya Lele dan Kambing Melalui Aplikasi Organik Pola HCS di Purwakarta

    1. dikdiktaufik Penulis Tulisan

      Ma’af, kita tidak ada penjemputan atau menyediakan transport bagi peserta. Silahkan hubungi contact person untuk mengetahui rute transportasi ke tempat pelatihan…

      Balas
  1. Nurul Hikmah Suharto

    Saya mitra baru dari Komunitas HCS Purwodadi – Grobogan – Jawa Tengah, dengan adanya keterbatasan waktu saya jarang mengikuti pelatihan yang di adakan purwodadi, masalahnya masih ada ikatan dinas, kebetulan saya bekerja di instansi BUMN ( Perum Perhutani ). mohon dengan hormat pada Admin. untuk memberi tambahan program temu solusi di program ini, sering mitra saya yang sudah bergabung di HCS selalu menanyakan jalan keluar yang ada di lapangan. Dum

    Balas
    1. dikdiktaufik Penulis Tulisan

      usulan yang bagus Pak, coba nanti saya usahakan mengumpulkan berbagai permasalahan yang sering ditemui di lapangan saat aplikasinya. terima kasih masukannya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s