CARA PRAKTIS MEMBUAT ARANG SEKAM PADI


Oleh : Mohamad Kuntara

Pendahuluan

New Picture (3)Arang sekam memiliki banyak manfaat, baik di dunia pertanian maupun untuk kebutuhan industri, para petani memanfaatkan arang sekam sebagai penggembur tanah, bahan pembuatan kompos, pupuk bokashi, media tanam dan media persemaian. Arang sekam dibuat dari pembakaran tak sempurna atau pembakaran parsial sekam padi. Bahan baku arang sekam bisa didapatkan dengan mudah di tempat-tempat penggilingan beras. Bahkan di beberapa tempat, sekam padi dianggap sebagai limbah. Sebanyak 20-30% dari proses penggilingan padi akan dibuang dalam bentuk sekam padi.

Harga di pasar pertanian, harga arang sekam padi berkisar Rp.1000 /kg nya. Murah sih..tapi kalau belinya 1 Ton kan lumayan..! tinggal kalikan saja sendiri. Sedangkan kalau buat sendiri, kita hanya mengeluarkan biaya untuk pembuatan alat pembakaran saja, dan itu pun masih bisa gratis kalau kita memanfaatkan atau menggunakan barang-barang bekas tak terpakai yang ada di sekitar rumah kita, misalnya menggunakan kaleng bekas biscuit yang di sambung – menyambung menjadi satu ( itulah Indonesia , hehe…😀 ) dibentuk menjadi pipa cerobong asap. Dan untuk sekamnya bisa saja gratis, kalaupun beli harganya sangat relatif murah yaitu sekitar Rp. 7.000,- per karung yang lebih besar dari karung 50 kg. Kalau kita beli sekam padi rata – rata berat per 1 karung sekam padi itu sekitar 25 kg , jadi harga sekam padi sekitar Rp. 280,- /kg nya.
Fantastis murah bingits kan !!

A. Manfaat Arang Sekam Padi

Di dalam tanah, arang sekam bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah. Arang sekam bisa meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur sekaligus juga meningkatkan kemampuan tanah menyerap air.

Secara biologis, tanah yang gembur merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme hidup. Baik yang berupa mikroorganisme seperti bakteri akar maupun makroorganisme seperti cacing tanah.

Kelebihan lainnya, arang sekam tidak membawa mikroorganisme patogen. Karena proses pembuatannya yang melalui pembakaran sehingga relatif steril.

Secara kimia, arang sekam memiliki kandungan unsur hara penting seperti Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Keasamannya netral sampai alkalis dengan kisaran pH 6,5 sampai 7.

Arang dari sekam padi tidak mengandung garam-garam yang merugikan tanaman. Arang sekam kaya akan kandungan karbon, dimana unsur karbon sangat diperlukan dalam membuat kompos.

Dari beberapa penelitian diketahui juga kemampuan arang sekam sebagai absorban yang bisa menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam pembuatan kompos sehingga kompos yang dihasilkan bebas dari penyakit dan zat kimia berbahaya.

Diperkotaan, arang sekam banyak dibutuhkan untuk media tanam tanaman hias. Kelebihan media ini adalah bobotnya yang ringan dan mudah dibersihkan dari akar tanaman. Sifat seperti ini dibutuhkan untuk tanaman – tanaman yang akan di distribusikan.

B. Bahan dan Peralatan Yang Dibutuhkan Dalam Proses Pembuatan   Arang Sekam

1. Sekam padi ( tentunya donk,,namanya juga arang sekam padi,,,hehe..😀 )

New Picture (4)Motor kesayangan saya “ si butut ” mau ikut eksis… wkk

Gambar ini saya ambil pada tanggal 13 Februari 2014 , saat saya mengambil sekam padi dari tempat penggilingan beras dekat rumah..(gratis !!!) . Waktu itu saya cuma mengambil sebanyak 2 karung saja.
( jangan banyak – banyak dulu, kan namanya juga percobaan, hehe😀 )

2. Pipa Pembakaran

New Picture (5)
3. Koran bekas atau kardus bekas (kalau agan banyak duit , boleh pakai duit di bakar aja langsung..wkk😀 )

New Picture (6)
4. Korek api

New Picture (7)
5. Oli bekas , untuk bahan bakar saat memulai pembakaran New Picture (8)
(minyak tanah mahal gan..😀 , pakai bensin nanti bukannya sekam padi yang jadi arang malah tangan agan yang jadi arang..wkk )

6. Komboran untuk menyiram

New Picture (9)
7. Air untuk menyiram

New Picture (10)
8. Sekop

New Picture (11)
9. Karung , untuk penyimpanan arang sekam yang sudah jadi

New Picture (12)
C. Cara Pembuatan

Ada berbagai cara membuat arang sekam padi. Berikut ini akan diuraikan cara sederhana dan efektif untuk membuat arang sekam sendiri. Terdapat dua tahapan, yaitu tahap penyiapan alat pembakaran dan tahap proses pembakaran sekam padi.

1. Membuat Alat Pembakaran

Untuk membuat alat pembakaran ini saya membuatnya dari bahan plat seng yang dibulatkan membentuk silinder menyerupai cerobong asap sepanjang 1 meter dengan diamater 17 cm , saya mendapatkan ukuran seperti itu karena saya membeli bahan plat seng dari toko material dengan ukuran panjang 100 cm x lebar 55 cm x tebal 0,2 mm seharga Rp.20.000,- . Kalau ada yang lebih tebal akan lebih bagus karena pipa pembakaran ini harus tahan panas.

Kemudian lubangi ke semua bagian sisi dari pipa tersebut yang berfungsi sebagai ventilasi udara supaya nanti api didalam pipa tersebut tidak padam dan berfungsi sebagai lubang untuk lidah api supaya api dari dalam pipa tersebut bisa membakar tumpukan sekam dari bagian dalam tepat di tengah – tengah gundukan/tumpukan sekam padi tadi. Proses membuat lubang – lubang tersebut harus dilakukan sebelum dibentuk menjadi pipa silinder. Saya membuat lubang – lubang tersebut dengan jarak 3 cm x 3 cm dengan paku “10 atau sekitar diameter 5 mm.
Bagian yang tajam dari lubang tersebut harus mengarah keluar mirip seperti parutan kelapa. Hal ini dimaksudkan supaya lidah api menjulur keluar, karena kalau bagian yang tajamnya mengarah kedalam lidah api tidak akan menjulur keluar. Pipa ini akan berfungsi sebagai cerobong asap sekaligus ruang pembakaran.
Rekatkan kedua ujung plat seng ini dengan cara dikeling kemudian di beri pengunci menyerupai steples sehingga bentuk pipa ini dapat stabil dan dapat berdiri tegak lurus membentuk silinder. Bentuk keling dan pengencang bisa di lihat pada gambar dibawah ini.
New Picture (13)

2. Proses Pembakaran Arang Sekam

Pilih lokasi pembakaran yang jauh dari perumahan atau jalan, karena proses pembakaran sekam padi akan menimbulkan asap yang tebal. Sebaiknya alas tempat pembakaran terbuat dari lantai keras yang tahan panas, atau alasi bagian bawah dengan plat seng sebelum melakukan pembakaran. Hal ini untuk memudahkan pengambilan arang sekam. Tapi waktu saya melakukan percobaan tersebut langsung diatas tanah.

Buat gundukan/tumpukan sekam mengelilingi pipa pembakaran tadi dimana pipa tersebut tepat berdiri tegak dan berada di tengah – tengah gundukan sekam seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
New Picture (14)

Masukkan koran bekas atau kardus bekas kedalam pipa pembakaran tadi , beri sedikit oli bekas untuk memudahkan proses pembakaran kemudian nyalakan api.
(olinya jangan kebanyakan…! kalau kebanyakan nanti malah susah nyala apinya dan akan banyak keluar asap)

Setelah 20-30 menit atau saat puncak timbunan sekam padi terlihat menghitam, naikkan sekam yang masih berwarna coklat di bawah ke arah puncak.
New Picture (15)

Lakukan terus sampai semua sekam padi menghitam sempurna. Setelah semua sekam berubah menjadi hitam, siram dengan air hingga merata. Penyiraman dilakukan untuk menghentikan proses pembakaran. Apabila proses pembakaran tidak dihentikan maka arang sekam akan berubah menjadi abu.

Setelah disiram dan suhunya menurun, bongkar gunungan arang sekam dan keringkan. Kemudian masukkan ke dalam karung dan simpan di tempat kering.
Untuk melihat tahap demi tahap cara membuat arang sekam secara visual, silahkan lihat video saat saya melakukan percobaan pembuatan arang sekam tersebut. Video percobaan ini dibuat pada tanggal 16 Februari 2014 sekitar jam 10.30 WIB dan selesai sekitar jam 14.00 WIB.
Untuk lebih jelas anda bisa saksikan video pembuatan arang sekam berikut ini :

Selamat mencoba dan semoga berhasil !

 

Bagi para pengunjung dan pembaca yang tertarik untuk mencoba produk arang sekam padi, silahkan KLIK HALAMAN INI

Tentang Penulis :

Mohamad Kuntara adalah salah seorang Mitra HCS,
Saat ini, kegiatan lain selain membuat arang sekam dari padi juga sedang mulai melakukan pembuatan pupuk Bokashi dan kegiatan budidaya tanaman Jahe emprit, jahe merah, kunyit, dan tomat memanfaatkan lahan yang tidak produktif di sekitar rumahnya.

Alamat :  Kp. Pasar Cihampelas RT 04/02 Desa Mekarmukti Kec. Cihampelas – Bandung Barat.   

atau anda dapat menghubunginya melalui HP di no. 089632689625 alamat email : akuntkasep@gmail.com , atau add melalui Google+ : knt fotonik

61 thoughts on “CARA PRAKTIS MEMBUAT ARANG SEKAM PADI

  1. Suparmin

    Waaaah Alhamdulillah bisa terlihat cara pembuatan arang sekam disini . makasih banget nih semoga mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah SWT.

    Balas
  2. octav

    Maaf gan,cuma nambahin…Plat seng yg telah dibentuk berupa silinder kalau bisa diletakkan ke dandang (tempat menanak nasi) yg bawahnya dilubangi. agar plat seng tidak roboh,buatkan kunci sisi2nya dng paku. mengapa pakai dandang,agar bahan bakar seperti kertas,kardus tsb lebih banyak,sehingga produksi arang sekam lebih banyak. Nice infonya gan.

    Balas
  3. knt fotonik

    @octav : yg pake dandang/drum itu model lama… :p selain kurang praktis juga ongkos pembuatannya lebih mahal…
    jadi agan pikir bahan bakar di tengah2 itu ya yang bikin sekam jadi terbakar..no no no..agan salah tafsir..sekam itu sekali terbakar langsung self burning alias merambat… :p
    bahan bakar yg dimasukkan di tengah itu cuma berfungsi sebagai trigger saja…seterusnya biar sekam sendiri yg melanjutkan proses pembakarannya.. :p
    kalo mau produksi dalam jumlah banyak, alat pembuatnya bukan seperti ini mas.. :p

    Balas
  4. GALIH rahmawati

    Duh saya telat buka artikel ini. Udah nangis duluan mencoba membakar sekam dg Cara konvensional alias asal bakar. Korek api sebungkus sama sekali ga berbekas. Ijin share ya Gan. Telimikicihhhh ^^

    Balas
  5. Yohanes Mandai

    Semoga Artikel penting ini dapat memberikan manfaat secara luas bagi petani-peternak dan pemerhati pembangunan pertanian dan peternakan Indonesia. Sukses selalu buat Pak Bos dan juga kita yang bermitra untuk menggalakkan pertanian-peternakan ORGANIK…

    Balas
  6. EKO ENDRAWAN

    GAN, MO NANYA.. ITU BAHAN BAKARNYA KORAN ATO KARDUS ATO DUIT DIMASUKAN KE DALAM CEROBONG.. ? JADI KITA HARUS TERUS PERHATIKAN HAL INI TERUS, KALO HABIS BERARTI GAK PANAS LAGI…? GIMANA?

    Balas
  7. Agung Djw

    Terimakasih atas tulisannya,, dengan ini saya dpt mengerti membuat arang sekam padi,
    Namun ada yg saya ragukan ini gan, sekrang udah ada undang undang yang melarang bakar membakar sebab folusi udara dan pemanasan global,
    Kalau bisa gan sekamnya td jangan dibakar namun dikomposkan, sehingga mikroba penambat unsur hara aktif tidak mati terbakar.
    Sekian gan,,😀

    Balas
  8. syaiful pani

    makasih info nya kang…tp klo sekam nya sudah tercampur dengan kotoran ayam,trus dibakar ,gmn hasil nya lebih bagus kah?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s