PELUANG USAHA PETERNAKAN BISA MENGHASILKAN UANG BERLIMPAH


ANEKA PETERNAKANPeluang Usaha ? Bingung mencarinya….?

Anda tidak perlu pusing mencari peluang usaha, apalagi peluang usaha yang menghasilkan banyak uang. Sederet peluang usaha yang dapat menghasilkan uang berjuta-juta rupiah per bulan, selama manusia hidup, akan selalu ada.

Apa yang perlu anda lakukan dengan seabreg tawaran peluang usaha yang selalu ada di sekitar lingkungan anda ? Jangan keburu bingung menentukan langkah pertama anda. Ini jurus pertama yang harus anda lakukan dan miliki….apa ya ? Bukan modal besar yang  harus anda persiapkan pertama….Para ahli, para pakar, dan saya sendiri meyakini bahwa langkah pertama dan harus dimiliki adalah Niat, Kemauan atau Tekad yang kuat, ya….itu yang utama. Percuma dengan beribu peluang usaha yang ada, tapi anda hanya terpukau melihat peluang tersebut lewat begitu saja. Peluang Usaha tidak akan menghasilkan uang atau mendatangkan kepuasan dengan hanya melamun atau diam berpangku tangan saja…Percaya deh…Kalo gak percaya gimana ? Buktikan saja sendiri…

Orang bijak bilang, apabila kita sudah memiliki niat dan tekad yang disertai dengan usaha tentunya, dalam mengejar peluang, peluang apapun itu, maka setengah dari keberhasilan sudah ada di genggaman tangan kita….wow keren juga ya…

Ok ya kita lanjut,…pada kesempatan ini saya coba sharing sedikit dari begitu banyaknya peluang usaha yang ada dan menjanjikan hasil berupa uang yang melimpah. Tengoklah halaman rumah anda, halaman depan, halaman samping, atau mungkin halaman belakang. Apakah dhalaman kosongibiarkan fungsi halaman rumah anda menjadi sekedar menyimpan tanaman hias ? Atau mungkin menyimpan barang-barang bekas tidak terpakai ? Atau hanya ditanami aneka pohon yang anda sendiri bingung fungsinya buat apa…Atau bahkan dibiarkan menjadi lahan yang tidak terurus….Kalau sampai demikian,…..hmmm….sangat disayangkan. Sudah saatnya halaman rumah anda seluas apapun, dijadikan lahan yang menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, buat sekedar dikonsumsi sendiri atau bahkan syukur-syukur menghasilkan value atau nilai uang yang banyak bagi anda. Why not..? Kenapa tidak ?…..kita lanjut ya….

Peluang usaha yang saya sarankan untuk memanfaatkan halaman kosong tersebut adalah usaha atau budi daya hewan ternak. Silahkan pilih : ternak kambing, ternak lele, ternak ayam, ternak kelinci, terserah anda pilih yang mana. Kenapa usaha peternakan disebut sebagai peluang usaha yang dapat mendatangkan uang jutaan bahkan puluhan juta per bulan bagi anda ?  Hanya dari memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah anda ?

Bagi sebagian besar orang, mungkin termasuk anda, masih menganggap usaha peternakan identik dengan ‘aroma’ yang tidak sedap alias bau dari limbah kotoran ternak, atau suatu usaha yang menyulitkan karena anda harus repot mencari atau  menyediakan pakan untuk ternak….Apalagi kalau anda beternak kambing, beuuh…..lingkungan jadi bau,  belum lagi harus cari rumput buat makannya. Penderitaan bertambah kalo memasuki musim kemarau, kita akan dipusingkan mencari rumput yang hijau karena rata-rata rumput pada kering semua……Kalau sudah begitu, biasanya rasa malas datang dengan mudah…..

Lhaa, jadi sekarang gimana nih……..?

Sabaaar, besok saya sambung lagi ya brow……

================================================================== bersambung

Berbicara tentang prospek usaha peternakan, anda tidak perlu khawatir…..Anda tidak perlu takut hasil ternak tidak laku dijual. Masih segar dalam ingatan kita, beberapa waktu lalu  kisruhnya urusan impor sapi, …..memalukan memang, Indonesia yang notabene negara agraris ternyata masih harus melakukan impor komoditi-komoditi pertanian dan peternakan. Konon menurut beberapa sumber, Indonesia harus selalu impor setidaknya 450.000 ekor sapi dan daging berikut jeroan 42.000 ton setiap tahunnya….wow. Ini menandakan betapa besarnya potensi konsumsi daging hasil peternakan secara nasional.  Bayangkan saja oleh anda berapa banyak jumlah daging yang dijadikan konsumsi masyarakat setiap harinya, baik dalam bentuk sate, gule, soto, maupun bentuk olahan kuliner lainnya, dan pernahkah anda menghitung berapa juta ekor hewan baik sapi maupun kambing yang setiap tahun dijadikan hewan qurban saat Idul Adha ?

Sangat disayangkan sekali bahwa tingginya tingkat kebutuhan nasional terhadap produk peternakan tersebut ternyata tidak diimbangi oleh naiknya kegiatan usaha peternakan secara nasional. Berdasarkan tabel data hasil Sensus Pertanian tahun 2013 berikut, cobalah anda  lihat grafik batang yang membandingkan usaha di bidang peternakan yang malah dalam 10 tahun terakhir turun sangat drastis :

Image 1Naah…apa kesimpulan kita ? Artinya,….di situlah justru Peluang Usaha Peternakan sangat terbuka dan punya potensi yang masih sangat, sangat besar.  Tunggu apa lagi..?

Untuk memulai usaha peternakan, apalagi di saat sekarang ini, anda jangan khawatir dengan masalah teori, teknik dan segala sesuatu dengan ilmu peternakan. Kita tidak perlu berkecil hati apalagi takut gagal. Ilmu tentang peternakan dan ahli-ahli peternakan jebolan perguruan tinggi sudah banyak bertebaran dimana-mana.

Kesulitan dan hambatan-hambatan dalam kegiatan peternakan pun sekarang sudah ada jalan keluarnya, seperti yang dipraktekkan dan dilaksanakan oleh PT. HCS dengan Pola Peternakan Organik HCS-nya. Kita tidak perlu khawatir dengan berkurangnya ketersediaan rumput saat kemarau, sehingga kita harus ngarit kemana-mana, masalah bau dari limbah kotoran ternak yang mencemari lingkungan, atau tingkat kematian yang tinggi hewan ternak karena terserang penyakit, atau masalah pertumbuhan yang begitu lambat.  Melalui pola HCS, anda tidak perlu ngarit dan angon, bau kotoran ternak pun tidak keras seperti cara konvensional, kesehatan hewan ternak dan lingkungan akan tetap terjaga, dan pertumbuhan hewan pun akan pesat, dengan demikian out put produk hewan ternak akan tinggi dan menghasilkan uang yang berlimpah tentunya….

Sekarang tergantung keputusan anda…..Namun saran saya, seperti di awal tulisan ini, jangan hanya diam saja….ayo bergerak dan raih peluang usaha yang sudah ada di depan mata ini…!

5 thoughts on “PELUANG USAHA PETERNAKAN BISA MENGHASILKAN UANG BERLIMPAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s