PENGARUH IKLIM PADA MASA TANAM


climate-changeIklim adalah kondisi rata-rata cuaca di suatu tempat dalam suatu rentang waktu yang panjang. Iklim di suatu tempat di bumi, termasuk salah satunya di Indonesia dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi alam Indonesia. Posisi relatif matahari terhadap bumi di Indonesia menimbulkan musim. Di Indonesia dikenal adanya musim hujan dan musim kemarau.

Musim yang terjadi di Indonesia, baik musim kemarau maupun musim hujan akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang suatu tanaman. Para petani harus pintar-pintar menyiasati, mengatur dan mengetahui mengenai jenis budi daya tanaman apa yang paling cocok untuk setiap musim bahkan untuk setiap bulannya dalam satu tahun. Hal ini juga yang, salah satunya menyebabkan adanya beberapa ‘kelas’ sawah di kalangan masyarakat. Sawah kelas 1 biasanya disebut untuk sawah yang pengairannya terjamin sepanjang musim tanpa bantuan irigasi. Sawah kelas 2 adalah untuk sawah yang terairi dengan bantuan irigasi. Sawah kelas 3 adalah yang sistem pengairannya  berfungsi hanya pada saat musim hujan. Ada lagi satu, yaitu sawah tadah hujan, masa tanam padi sama sekali tergantung tibanya musim hujan.

Kaitannya dengan iklim dan musim di Indonesia, Departemen Pertanian bekerjasama dengan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) menerbitkan Kalender Tanam Terpadu, tujuannya adalah memberikan gambaran dan panduan kepada para petani Indonesia.

Bagi para petani Indonesia dan rekan-rekan yang punya hobi bercocok tanam, baik itu di sawah, kebun maupun di polybag ada baiknya juga nih mengetahui waktu tanam yang cocok, yaah namanya juga usaha biar ga terlalu nekad. Misalnya, hehehe… jangan terlalu nekad menanam padi di musim kemarau…..Naah, bagi yang memerlukannya, dapat mengunjungi situs http://katam.info/, atau silahkan download di halaman ini melalui KALENDER TANAM TERPADU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s